Tsunami Jepang

Pada Jum’at, 11 Maret 2011, Jepang dilanda gempa berskala 8,9 richter, dan merupakan gempa ketujuh terdahsyat yang pernah terjadi, dan yang terbesar dalam 20 tahun terakhir.

Gempa ini terjadi di pertemuan antara lempeng pasifik dan lempeng benua amerika. Berpusat di kedalaman 24,3 km sekitar 130 km di sebelah timur Sendai, di pulau utama Honshu.

Gempa ini mengakibatkan tsunami, yang dalam berbagai sumber, setinggi 10 meter. Tsunami ini bahkan mencapai Indonesia Timur, Filipina, sampai ke wilayah Pasifik dan Hawaai. Namun, tsunami di wilayah Indonesia Timur hanya setinggi 0,1 m dan tidak membahayakan.

Selain itu tsunami juga menyebabkan tewasnya kurang lebih 613 orang, dan 700 orang masih dinyatakan hilang. Pemerintah jepang menyatakan bahwa angka ini akan terus bertambah. Selain itu, tsunami ini juga menyebabkan kerusakan pada reaktor nuklir di Fukushima, Tohoku, sekitar 250 km sebelah utara dari Tokyo. Setelah digoyang gempa dengan kekuatan 8,9 skala Richter, reaktor nuklir nomor 2 di pembangkit Fukushima 1 yang dikelola Tokyo Electric Power Co mengalami masalah pada fasilitas pendingin sehingga harus dimatikan demi keamanan. Untuk menghindari hal terburuk, pemerintah Jepang telah mengevakuasi ribuan warganya ke tempat yang aman.

Pada hari ini, reaktor tersebut sempat mengalami ledakan dan dilaporkan sejumlah pekerja terluka, dan tingkat radioaktivitas di sekitarnya naik menjadi 20 kali lipat daripada sebelumnya. Semoga saja reaktor itu tidak meledak.

Gempa ini juga menyebabkan mati lampu di Tokyo, sehingga separuh Tokyo menjadi gelap. Juga mengakibatkan banjir di Disneyland.
Kebakaran karena gempa

Pesawat dan mobil yang hanyut oleh tsunami


Semoga mereka tabah…..

6 thoughts on “Tsunami Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s