Apakah Tubuh Manusia Memuai ??

Dua hari yang lalu saya membaca tentang masalah pemuaian di buku pelajaran fisika.

Di situ tertulis bahwa jika suatu zat dipanaskan, baik padat, cair maupun gas, maka zat tersebut akan memuai. Di buku itu dicontohkan “Panjang dasar jembatan gantung yang terbuat dari besi pad jembatan gantung adalh 400 m pada suhu 25 C. Jika suhu pada siang hari adalah 40 C, berapakah panjang dasar jembatan itu ??”

Dari contoh di buku tersebut, didapat panjang dasar jembatan pada siang hari adalah 400,072 m. Jadi jembatan itu mengalami pertambahan panjang 0,072 m.

Setelah itu, timbul pertanyaan di kepala saya. Kenapa tubuh manusia tidak memanjang, atau bertambah gemuk setelah dipanaskan/dijemur di teriknya matahari ??  Bahkan jika tubuh manusia dibakar, bukannya memuai tapi tubuh malah hangus.

Kemudian saya mencoba untuk menjawab pertanyaan itu.

Saya mencoba browsing di internet, namun tidak ada saya temukan jawabannya.

Akhirnya tadi malam saya bertanya dengan teman bapak saya yang kebetulan adalah guru fisika. Beliau kemudian menjelaskan kenapa tubuh manusia tidak memuai walaupun dibakar. Saya sebetulnya tidak terlalu bisa menangkap semua yang beliau jelaskan, namun secara garis besarnya adalah:

“Karena suhu di sekitar tubuh manusia kurang lebih sama, yaitu dari 24-34 C, jadi tidak mengalami kenaikan suhu yang ekstrem yang menyebabkan tubuh manusia dapat memuai.”

Namun jawaban di atas belum menjawab pertanyaan tentang jika tubuh manusia dibakar, bukannya memuai tapi tubuh malah hangus.

Setelah itu saya berusaha mencari penjelasannya di buku-buku. Akhirnya saya mengambil kesimpulan berdasarkan fakta biologi bahwa sel manusia jika dipanaskan akan menjadi rusak, maka saat dibakar, sel-sel di tubuh manusia akan mengalami kerusakan terlebih dahulu, sehingga tubuh bukannya memuai tapi malah hangus.

One thought on “Apakah Tubuh Manusia Memuai ??

Leave a Reply

